Serahkan 14.897 Surat Dukungan Perbaikan, Muhdi-Gazali Apresiasi KPU

0
252

TERNATE, Koridor Malut – Bakal calon walikota dan wakil walikota Ternate yang maju dari jalur independen atau perseorangan, DR. Muhdi Hi. Ibrahim – Gazali Westplat, secara resmi menyerahkan surat dukungan perbaikan ke KPU Ternate, Senin (27/07). Tak tanggung-tanggung, surat dukungan yang diberikan sebanyak 14.897 dukungan, lebih banyak dari jumlah yang ditetapkan KPU yang hanya sebesar 10.694 surat dukungan.

Bakal calon walikota Ternate, DR. Muhdi Ibrahim saat diwawancara usai penyerahan dukungan admistrasi calon perseorangan di kantor KPU Ternate mejelaskan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap penyenggara yakni KPU, PPK, PPL dan PPS, yang sudah bekerjasama dengan baik selama tahapan perbaikan.

“Kami berharap semuanya bisa berjalan lancar. Kami memberikan apresiasi kepada KPU dan jajarannya yang telah sangat luar biasa, menyeleksi surat dukungan yang kami serahkan di awal ada menemukan ada ribuan surat dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan memenuhi syarat (MS). Kerja seperti ini membutuhkan ketelitian dan harus benar-benar objektif. Dan hal itu sudah dilakukan oleh KPU bersama jajarannya dengan sangat baik. Maka kami memberikan apresiasi atas kerja profesional ini” kata Muhdi.

Ia pun optimis dengan diserahkannya dukungan perbaikan ini, pasangan Muhdi-Gazali lolos verifikasi dengan hasil yang memuaskan.

Sementara itu, anggota KPU Kota Ternate, Kuat Suharno menjelaskan, sesuai hasil pleno verifikasi faktual (verfak) beberapa hari ini, surat dukungan untuk pasangan perseorangan yang memenuhi syarat hanya 7.120. Dengan demikian, masih terdapat kekurangan sebanyak 5.347 dukungan dari persyaratan minimal 12.000 dan maksimal 17.000.

“Sesuai pasal 32 huruf a PKPU nomor 18 tahun 2020, calon perseorangan wajib menyerahkan dua kali dari jumlah kekurangan surat dukungan, sehingga diperoleh angka 10.694 surat dukungan tambahan yang harus dipenuhi. Dan batas waktu penyerahan selama tiga hari sampai tanggal 27 Juli 2020 pukul 24.00. Dan barusan pasangan perseorangan ini sudah menyerahkannya ke KPU,”

Data yang diterima dari KPUTernate, pasangan Muhdi-Gazali memasukan syarat dukungan dari delapan kecamatan, Ternate Tengah sebanyak 5288 dukungan, Ternate Selatan 4.645 dukungan, Ternate Utara dukungan 3.135, Pulau Hiri dukungan 135, Pulau Moti dukungan 539, Batang Dua 5 dukungan, Ternate Barat dukungan 463, dan Pulau Ternate 687 dukungan. Total sebanyak 14.897 dukungan. (aha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here