Personel BKO Kodim Persiapan Tiba di Morotai

0
29

MOROTAI, Koridor Malut – Satgas Bantuan Kendali Operasi (BKO) Kodim Persiapan Pulau Morotai tiba di pelabuhan Imam Lastory, Desa Yayasan Kecamatan Morotai Selatan, Pulau Morotai, Rabu (22/07). Kedatangan Satgas BKO yang dipimpin Kapten (Inf) Agus Tua Panjaitan bersama 41 anggota ini disambut Dandim 1508/Tobelo Letkol (Inf) Raymond Sitanggang.

Turut hadir dalam penyambutan ini yakni Sekda Pulau Morotai, Muhammad Maruf Kharie, Kadis Pers Lanud Leo Wattimena, Letkol (Adm) Sutikno, Wakapolres Kompol Agus Purwanta SIK, pimpinan OPD Pemkab Morotai, Kapolsek Morsel, AKP Randhir Prakaraban SIK, Danpos Satgas Anoa Armed 9/2/1 KostradĀ Letda (Arh) Dwi.

Dalam sambutannya Sekda Muhammad Ma’ruf Kharie mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya telah melepas satgas BKO Kodim persiapan Morotai yang purna tugas, dan hari ini pemda kembali menerima satgas BKO Kodim persiapan Morotai yang baru untuk yang terdiri dari enam kecamatan dengan jumlah 88 Desa dan penduduk kurang lebih 76.000 jiwa.

“Kabupaten Pulau Morotai adalah wilayah paling utara dari Provinsi Malku Utara. Selain memiliki bandara dan pelabuhan sebagai pintu masuk, seluruh daratan Morotai juga adalah pintu masuk, sehingga perlu adanya peningkatan kewaspadaan,” kata Sekda.

Menurutnya, Satgas BKO Kodim persiapan Morotai sebelumnya telah banyak berbuat dan membantu Pemkab Morotai di seluruh aspek, salah satunya membantu masyarakat dalam aspek pertanian yang bertujuan untuk menciptakan ketahanan pangan di Morotai. Untuk itu sekda berharap agar kehadiran satgas yang baru ini dapat melakukan hal yang sama dengan satgas sebelumnya.

“Kami berharap status Kodim Morotai sudah definitif dalam kurun waktu yang tidak lama, sehingga komponen pasukan di Morotai menjadi lengkap ada TNI AD, AL, AU dan Polres Morotai,” paparnya berharap.

Sementara itu, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Raymond Sitanggang dalam arahannya mengatakan, Morotai merupakan wilayah perbatasan sekaligus pulau terluar yang masih rawan, sehingga perlu adanya pembentukan satuan kerangka komando kewilayahan berupa Kodim Persiapan.

“Kepada rekan rekan yang baru datang, segera pelajari wilayah dan fokus. Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Hindari pelanggaran sekecil apapun, untuk menjaga kondisi wilayah yang kondusif. Kalau kita tidak bisa mencapai prestasi, janganlah buat permasalahan di sini. Apabila ada permasalahan menyangkut institusi dan pribadi, segera disampaikan kepada kami, agar secepatnya kami bertindak sebelum terlambat,” katanya.

“Berhati-hatilah dalam melakukan penyelesaian masalah di wilayah ini, harus melibatkan tokoh masyarakat, pemerintah desa dan kepolisian, jangan mengambil langkah sendiri. Serta dalam berkendaraan bermotor agar mematuhi aturan lalu lintas, lengkapi surat-surat kendaraan sebelum anda keluar kesatriaan,” tegasnya. (aty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here