Mahasiswa Dukung Sultan Babullah Pahlawan Nasional

0
224

TERNATE, Koridor Malut – Sejumlah organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam OKP Cipayung, Minggu (28/06) menggelar aksi mendukung Sultan Baabullah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Sebab Sultan Baabullah merupakan sosok yang ikut berperang mengusir Portugis dari Ternate. Perang itulah yang membuat Ternate terbebas dari segala belenggu penjajahan.

Ketua Cabang IMM Kota Ternate, Zulkarnain Pina, dalam orasinya mengatakan, Sultan Baabullah adalah simbol perlawanan kemerdekaan Indonesia di Maluku Utara. Rakyat Moloku Kie Raha sudah berbesar hati menyerahkan negerinya dalam bingkai NKRI, dan hanya meminta agar negara tidak lupa atas semua perjuangan dan pengorbanan Sultan Baabullah.

“Hari ini, rakyat Maluku Utara menuntut pemerintah Indonesia, agar tidak amnesia atas semua perjuangan dan pengorbanan itu. Bahwa menetapkan Baabullah sebagai pahlawan nasional adalah suatu kebanggaan besar tersendiri bagi masyarakat Maluku Utara. Kami juga mengharapkan kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten dan kota serta seluruh masyarakat Maluku Utara, agar turut andil dalam memperjuangkan usulan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia,” teriaknya. (aha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here