Bupati dan Kapolres Morotai Himbau Warga Waspadai Aksi Penipuan

0
93

MOROTAI, Koridor Malut – Guna memastikan warga Morotai tidak menjadi korban penipuan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos dan Kapolres, AKBP. Andri Hariyanto, menghimbau warganya agar mewaspadai segala bentuk aksi yang menjurus pada penipuan. Salah satu modus yang digunakan para pelaku yakni dengan mencatut nama pejabat daerah untuk meminta uang ataupun barang.

Pernyataan itu disampaikan bupati dan kapolres dalam sebuah video yang diunggah akun resmi Bagian Humas Setda Pulau Morotai, Info Morotai.

Dalam video tersebut bupati menjelaskan, sebelumnya sempat ada contoh kasus, seseorang yang tidak dikenal menelpon dengan mengatasnamakan pejabat daerah. Si penelpon meminta bantuan uang kurang lebih Rp 167 juta untuk tambahan dana Covid. Namun setelah dilakukan pelacakan, nomor yang bersangkutan teregistrasi di Kediri, Jawa Timur, dan dipakai di Gunung Putri, Lembang, Jawa Barat.

Penipuan yang sama juga belum lama terjadi dan mengatasnamakan Kapolres dan Kasat Reskrim. Mereka meminta bantuan ke pejabat desa dan pengusaha, iming-iming akan menyelesaikan kasus hukum, terutama bagi yang memiliki kerabat atau keluarga yang menjadi tahanan Polres Morotai.

“Modus lain penipuan adalah dengan berkedok undian berhadiah. Pelaku biasanya menghubungi calon korban dengan menyatakan calon korban memenangkan undian. Agar undian bisa dibawa pulang, calon korban dipaksa memberi sejumlah uang muka dengan berbagai alasan, baik untuk ongkos kirim, pajak, dan lain-lain,” kata bupati.

Dengan maraknya berbagai modus kasus penipuan, pemerintah daerah bersama Polres Morotai menghimbau agar warga tidak mudah percaya dengan telepon gelap, pemberian hadiah, dan iming-iming lain yang menggiurkan. Warga juga diminta agar melapor ke Polres Morotai jika menemui persoalan tersebut. (aty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here