Festival Morotai 2020 Dibatalkan

0
185

MOROTAI, Koridor Malut – Kegiatan Festival Morotai 2020 yang sudah menjadi agenda tahunan yang digelar Pemkab Pulau Morotai, terpaksa dibatalkan, menyusul pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Bahkan anggaran festival sebesar dua miliar lebih untuk membiayai kegiatan pentas seni budaya, musik, festival Morotai dan tahun baru, sudah dialihkan untuk penanganan dampak virus ini.

Kapala Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Ida Arsad, ketika dikonfirmasi Jumat (29/5) mengaku, Covid-19 membawa buruk bagi pertumbuhan ekonomi pariwisata Morotai. Sejak Morotai membelakukan lockdown, seluruh aktivitas pariwisata lumpuh total. Beruntung Pemkab masih menggunakan hotel dan penginapan sebagai lokasi karantina, sehingga dampaknya tidak sampai terjadi PHK karyawan.

“Pak Bupati sangat paham dengan kondisi yang ada saat ini, sehingga sebagian besar kebijakan yang diambil tujuannya untuk menjaga stabilitas ekonomi, salah satunya adalah memakai hotel dan penginapan sebagai lokasi karantina. Meski demikian, ada beberapa penginapan yang terpaksa tutup karena tidak ada tamu yang datang,” kata Ida.

Selain itu, usaha catering yang selama ini sangat menunjang pariwisata, juga mengalami tekanan. Bahkan ada beberapa lokasi kuliner yang terpaksa tutup. Yang masih bertahan katanya, hanya beberapa rumah makan yang dipercaya pemda untuk menyuplai bahan makanan buat wargta yang dikarantina.

“Sampai saat ini, tempat-tempat wisata bisa dibilang sudah ditutup, karena tidak ada pengunjung sama sekali. Untuk kerugian, kami tidak bisa prediksi, yang jelas banyak karyawan di sektor pariwisata yang terpaksa harus dirumahkan dan di-PHK. Dan Dinas Pariwisata juga merasakan dampaknya, proyek yang bersumber dari DAK sedikit terhambat karena tidak tersedianya jalur transportasi,” jelasnya. (aty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here