Bersama Kapolres, Pemkab Morotai Bahas Verifikasi Data BST

0
280

MOROTAI, Koridor Malut – Langkah cepat diambil Pemkab Pulau Morotai dalam mengatasi persoalan data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI. Buktinya pada Kamis (28/05), dilakukan rapat verifikasi data BST yang berlangsung di aula Polres Pulau Morotai. Pertemuan ini sebagai langkah optimalisasi penyaluran BST agar tepat sasaran serta menjamin tertib administrasi pertanggungjawaban.

Hadir dalam rapat tersebut yakni Kapolres Pulau Morotai, AKBP Andri Hariyanto S.IK, Kadis PMD, Alex Wermasubun, Asisten III Setda Pulau Morotai, Rina Ishak, perwakilan Kejari, Dinas Sosial, BRI, Kantor Pos, serta gabungan dari Babinsa dan Babinkabtibmas Kabupaten Pulau Morotai.

Dalam arahannya Kapolres menyampaikan, pertemuan dilakukan dalam rangka memverifikasi data BST dari Dinas Sosial Kabupaten Pulau Morotai. Dengan begitu, semua pihak dapat menyamakan persepsi kelayakan penerima BST. Selain itu, pertemuan tersebut juga dimaksudkan untuk menentukan kriteria penerima BST.

Kadis PMD, Alex Wermasubun mengatakan, untuk melakukan verifikasi, telah dibentuk dua tim dengan melibatkan banyak unsur didalamnya. Tim tersebut akan bekerja langsung di lapangan dengan melihat kriteria pemenuhan persyaratan penerima BST. Bagi masyarakat yang memenuhi syarat akan disalurkan di tempat, sementara bagi yang tidak, akan dilakukan verifikasi dan pergantian.

“Adapun kriteria yang ditetapkan pemerintah kabupaten Pulau Morotai yakni memiliki KTP Morotai, kepala keluarga yang memiliki rumah gubuk, kepala keluarga yang tidak memiliki rumah/menumpang, tidak mempunyai mata pencaharian tetap di usia non produktif 55 tahun, penyandang disabilitas usia produktif 17 tahun, lansia/janda tunggal yang membiayai anggota keluarga, Kepala Keluarga/anggota keluarga yang memiliki sakit permanen,” jelasnya. (aty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here