Zakat Fitrah di Morotai 35 Ribu

0
47

MOROTAI, Koridor Malut – Pemda Pulau Morotai telah menetapkan besaran nilai zakat fitrah untuk tahun 2020 ini yakni sebesar Rp 35 ribu. Keputusan diambil setelah pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pulau Morotai bersama Pemda serta sejumlah tokoh agama, menggelar rapat penetapan zakat fitrah tahun 2020, yang berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Morotai, Asrun Padoma, Senin (20/4).

Pertimbangan besaran zakat fitrah ditetapkan dengan perhitungan harga beras tertinggi saat ini yakni Rp 14 ribu perkilo. Sementara ketentuan nilai zakat fitrah setara dengan 2,5 kilogram beras.

“Kalau zakat (fitrah) dihitung sesuai harga beras perkilo 14 ribu, maka 2,5 kilogram beras dapatnya 35 ribu. Apakah kita sepakat nilai seperti itu?,” tanya Asrun yang lang disetujui peserta rapat tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Morotai, Hasyim Hi. Hamzah mejelaskan, zakat fitrah menjadi kewajiban yang harus dikeluarkan oleh setiap ummat Islam. Sebab, seorang muslim tidak sempurna sholatnya jika tidak melaksanakan zakatnya, begitu juga berpuasa jika tidak diikuti dengan zakat maka tidak sempurna puasanya.

“Zakat (fitrah) tidak hanya beras, namun juga bisa makanan lainnya, misalnya jagung dan sebagainya. Hanya saja, makanan pokok masyarakat secara umum adalah beras, maka dihitung dengan menggunakan beras. Jika 2,5 kilogram yang akan dikeluarkan, maka setara dengan uang sebesar Rp 35 ribu,” tutupnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here