Bandara Babullah Sudah Dilengkapi Thermoscanner

0
26

TERNATE, Koridor Malut – Otoritas Bandara Sultan Babullah Ternate, sudah menggunakan fasilitas alat pengukur suhu tubuh berupa thermoscanner. Alat tersebut saat ini sudah terpasang di pintu keluar ruangan kedatangan, dan dapat merekam langsung suhu tubuh penumpang tanpa harus dicek satu persatu. Penyediaan alat ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi masuk virus COVID-19 di Ternate.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Ternate, Rini Apriany, SKM, Kamis (02/04) mengatakan, alat thermoscanner ini berbeda dengan thermometer infrared, atau alat pengukur suhu berbentuk pistol. Thermoscanner lebih lengkap lagi karena petugas tidak lagi memeriksa satu persatu.

“Operasional alat ini dipantau langsung petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Ternate bersama petugas Dinas Kesehatan, tentu dengan menerapkan SOP penanganan virus corona,” kata Rini.

“Jika ditemukan penumpang dengan suhu tubuh diatas normal, maka akan diambil data penumpang tersebut, dan dikoordinasikan dengan petugas kesehatan gugus tugas Kota Ternate, untuk diambil langkah-langkah penanganan,” jelas Rini menambahkan.

Menurutnya, dengan bantuan alat ini, setiap hari penumpang yang keluar masuk melalui Bandara Babullah Ternate, sudah melalui proses screening suhu tubuh. Prosedur itu dilakukan mengingat jumlah penumpang yang masuk ke Ternate melalui Bandara Sultan Babullah mencapai seribu orang. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here