Lantik Pejabat, Gubernur Jalan Sendiri

0
75

TERNATE, Koridor Malut – Hubungan antara Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba dan Wagub M. Al Yasin Ali, mulai memperlihatkan tanda-tanda keretakan. Hal yang paling terbaru adalah saat pelantikan 12 pejabat eselon II yang berlangsung Senin (16/3), di kediaman Gubernur Maluku Utara, Kelurahan Takoma, Ternate. Gubernur memborong sendiri pejabat yang dilantik tanpa meminta masukan dari wagub.

Hal itu pula yang membuat wagub marah dan sempat melampiaskan emosinya di hadapan gubernur saat proses pelantikan tengah berlangsung. Bahkan wagub secara terang-terangan menyebut gubernur tidak memahami paket koalisi gubernur dan wakil gubernur.

“Silahkan media tulis, biar masyarakat tau kondisi pelantikan seperti itu,” kata wagub dengan nada tinggi.

Kepada sejumlah wartawan yang menemuinya di kediaman, Wagub menumpahkan kekecewaannya karena merasa telah dibohongi Gubernur.

Ia pun lantas menceritakan kronologisnya. Menurutnya, pelantikan awalnya akan dilaksanakan di Kantor Gubernur, Sofifi. Dan Gubernur sudah menyampaikan bahwa Wagub sendiri yang akan melantik. Untuk itu, sejak pagi Wagub sudah menuju ke Sofifi. Namun saat tiba di Sofifi, Wagub mendapat informasi, pelantikan dilaksanakan di Ternate, tepatnya di kediaman Gubernur.

“Saya langsung hubungi ajudan gubernur lewat Hp, namun tidak ada respon. Saya kemudian langsung balik ke Ternate menuju kediaman gubernur, dan ternyata proses pelantikan sudah selesai, tinggal sambutan gubernur. Ini yang membuat saya marah,” ungkapnya.

“Belum lagi, dari 12 pimpinan SKPD tadi, saya minta jatah satu saja tapi tidak diakomodir. Bahkan nilai asesment pun tidak diberitahu ke saya. Kita ini diusung Partai Koalisi, dan itu perintah langsung Ibu Megawati. Tanpa koalisi tidak mungkin kita jadi gubernur dan wakil gubernur. Jadi segala sesuatu perlu koordinasi,” katanya lagi.

Wagub kemudian meminta Gubernur untuk meninjau kembali SK pelantikan tersebut, serta harus memasukkan nama pejabat yang diusulkannya. Jika hal itu tetap tidak diindahkan, Wagub menyarankan agar Gubernur dan dirinya jalan sendiri-sendiri saja. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here