Pemda Halut Ajak Petani Kelapa Beralih ke Singkong

0
47

TOBELO, Koridor Malut – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara mengajak petani kelapa di daerahnya untuk bisa menanam singkong, menyusul naiknya harga bahan dasar tepung tapioka di pasaran lokal maupun Nasional. Selain itu, para petani juga diarahkan untuk bermitra dengan PT. KSO Capitol Casagro, sebuah perusahan yang menyediakan bantuan bibit serta alat pengolahan tanah secara cuma-cuma. Hasil panen singkong pun bisa didujual ke perusahaan itu dengan harga yang telah ditetapkan.

Menurut Bupati Halut, Ir. Frans Manery, mayoritas petani kelapa di Halut saat ini merasa kesulitan akibat anjloknya harga korpra. Dengan beralih menanam singkong, diharapkan bisa memperbaiki taraf hidup masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Halut, Daud, SP, M.Si ketika dikonfirmasi Senin (09/03) mengatakan, saat ini sebagian petani sudah mulai melakukan budidaya singkong yaitu petani di Desa Patang, Biang, Gamlaha, Kao dan Desa Waringinlamo. Selain itu, untuk meningkatkan sumber pendapatan tanaman singkong, pihaknya akan menyiapkan lahan tidur yang tersebar di empat wilayah yaitu Desa Warudu, Waiteto, Kusuri dan Transsero.

“Singkong termasuk salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh meski di lahan yang kurang subur atau di lahan yang sistem irigasi hanya mengandalkan turunnya air hujan. Kami optimis apabila budidaya tanaman singkong ini dilakukan akan memperbaiki taraf ekonomi para petani,” tuntasnya. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here