Dihantam Longsor, Rumah Warga Orimakurunga Rusak Parah

0
85
Warga sedang bergotong royong mengangkat material longsor yang menimbun rumah warga

HALSEL, Koridor Malut – Hujan Deras yang melanda wilayah Kecamatan Kayoa Selatan mulai dari Senin (17/8) hingga Rabu (19/8) berakibat fatal bagi beberapa warga di Desa Orimakurunga. Pasalnya akibat hujan tersebut, sebagian wilayah terjadi longsor dan menimpa rumah warga. Akibatnya ada beberapa rumah yang nyaris tertimbun tanah setinggi 1,2 meter itu.

Fandi, salah satu mahasiswa yang sejak kejadian berada di lokasi mengatakan, warga setempat meminta perhatian dari pemerintah daerah, utamanya BPBD agar turun membantu warga mengangkat tumpukan tanah. Dan hingga saat ini bantuan itu belum juga datanng.

“BNPB jangan hanya tinggal di kabupaten, namun harus juga selalu monitoring dan pantau di seluruh desa terpencil yang mendapat musibah. Upaya masyarakat yang bergotong royong membersihkan tanah yang menimbun rumah warga juga sulit diselesaikan karena kepada desa enggan meminjamkan alkon kepada warga,” kata Fandi.

Guntur, salah satu korban mengaku, rumahnya rusak di bagian samping. Dia berharap agar ada bantuan dari pemda untuk mencegah potensi longsor susulan, karena akan berdampak luas bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Orimakurunga, Bahamid H Sukur, saat dikonfirmasi via telepon membantah dituding tidak meminjamkan alkon kepada warganya. Bahkan menurut dia, alkon itu bukan inventaris desa tapi milik pribadi yang belum lunas. Dan saat kejadian, alkon miliknya rusak sehingga tidak dapat dipakai

“Saya sudah koordinasi dengan pihak korban dan berencana memberikan semen. Tapi (semen) nanti diambil sendiri di salah satu toko di Laluin,” katanya singkat. (ema)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here