Bagikan BST, Lurah Makassar Timur Pilih Kasih

1
1631

TERNATE. Koridor Malut – Pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu perKK dari Kementerian Sosial yang dilakukan Lurah Makassar Timur, Nahrul Zakri, menuai protes warga. Pasalnya, lurah dianggap pilih kasih dan tidak profesional dalam menyalurkan bantuan tersebut. Banyak warga yang berhak mendapat bantuan dan tidak masuk dalam pemerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), justru tidak masuk dalam daftar penerima.

Warga menilai, pilih-pilih kasih seperti itu merupakan “penyakit” lama Lurah Makassar Timur. Selama ini warga sulit mengakses bantuan pemerintah karena selalu ada campur tangan lurah. Dan saat lurah masuk campur, maka bantuan pasti tidak merata. Untuk BST ini saja, pembagian surat pemberitahuan dilakukan secara diam-diam, tanpa ada pelibatan RT maupun RW.

“Selama bertahun-tahun kami merasakan perlakuan tidak adil dari lurah. Bantuan dari pemerintah hanya diberikan kepada orang-orang tertentu. Ada pendekatan suka dan tidak suka dari lurah kepada warga. Bayangkan saja, ada imam di masjid Ar Rahman Lelong-Kananga, yang memiliki keterbatasan fisik tapi tidak masuk penerima BST, padahal dia sangat layak karena punya keluarga yang dinafkahi dan ikut terdampak Corona,” kata salah satu warga yang meminta agar namanya tidak ditulis.

Daftar penerima BST Kel. Makassar Timur

Bukan cuma BST, banyak bantuan yang masuk ke Makassar Timur tidak sampai ke warga. Buktinya bantuan sembako dari pemprov dan pemkot, sampai sekarang masyarakat tidak menikmatinya. Dan parahnya lagi, untuk kegiatan ke masyarakat, Lurah terkesan tidak peduli. Contohnya Covid 19 ini, tidak sekalipun lurah datang sosialisasi ke masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, atau mengingatkan warga agar tidak menerima kedatangan warga lain. Selama ini lurah tidak diketahui keberadaannya.

“Nanti ada bantuan, barulah paitua muncul, seolah-olah paitua ini adalah pahlawannya,” tegasnya.

Data yang diperoleh Koridor Malut, untuk Makassar Timur terdapat 41 KK yang menerima BST. Dari jumlah itu, alokasi untuk RT 03 dan 04 hanya 13 KK. Proses pencairan sudah dilakukan Minggu (10/5) di Kantor Pos Ternate.

Sayangnya hingga saat ini, Lurah Makassar Timur, Nahrul Zakri, belum dapat dikonfirmasi. (***)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here