Gagal Jadi Kadishub Malut, Jusuf Sunya Jadi Sekot Ternate

0
179

TERNATE, Koridor Malut – Posisi Sekretaris Kota (Sekot) Ternate yang saat ini masih dijabat oleh M. Thamrin Alwi sebagai pelaksana tugas (Plt), bakal segera terisi pejabat definitf. Hal itu diketahui setelah Mendagri, Prof. H. Muhammad Tito Karnavial, Ph.D, menyetujui Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate, DR. Jusuf Sunya, SP, ME, menduduki jabat orang nomor tiga di Pemkot Ternate itu.

Persetujuan Mendagri disampaikan dalam surat dengan nomor 821/3076/SJ, perihal Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah Kota Ternate, yang ditandatangani Tito Karnavial, tanggal 6 Mei 2020. Persetujuan Mendargi diberikan setelah Gubernur Maluku Utara, mengirim surat dengan nomor 821.2/JPTP/47/IV/2020, tanggal 16 April, perihal permohonan Pelantikan Seketaris Daerah Kota Ternate.

Adapun persetujuan mendagri didasarkan pada ketentuan Pasal 71 ayat (2) UU 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 tahun 2015, tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati/wali kota.

Selain itu, penetapan Jusuf Sunya sebagai Sekot Ternate didasarkan pada surat Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara nomor B-969/KASN/03/2020 ttanggl 27 Maret 2020, perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama Sekertaris Daerah Kota Ternate.

Dalam persetujuannya, mendagri juga meminta Gubernur Maluku Utara sebagai wakil pemerintah pusat , agar menyampaikan kepetusuan itu kepada Walikota Ternate untuk dilakukan pelantikan. Namun demikian, apabila proses pengangkatan Sekot Ternate tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, dan data yang disampaikan tidak benar, maka perstujuan Mendagri akan dibatalkan.

Sebagaimana diketahui, Jusuf Sunya sebelumnya pernah mengikuti seleksi terbuka calon pejabat tinggi pratama di lingkup Pemprov Maluku Utara, untuk jabatan Kepala Dinas Perhubungan. Dan namanya pun masuk dalam tiga besar yang diusulkan Pansel ke gubernur. Sayangnya, Gubernur lebih memilih Arman Zakaria sebagai Kadishub. (eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here