Sempat Berkeliaran di Tobelo, Pria Asal Demak Positif Covid 19

0
49

TOBELO, Koridor Malut – Seorang pria asal Demak, Propinsi Jawa Tengah berinisial Z, yang selama ini tinggal di Rawajaya, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), terkonfirmasi positif Corona Virus Diseas (Covid-19). Hal itu diketahui setelah Tim Satgas Covid-19 Halut, menerima hasil pemeriksaan terhadap Z dari RSUD Kudus Kabupaten Demak.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Halut, Deky Tawaris kepada wartawan, Sabtu (18/04) menjelaskan, Z yang berprofesi sebagai pedagang ini sudah berada di Tobelo sejak 13 April 2020. Tim Medis Satgas Covid-19 Halut menetapkan yang bersangkutan dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan menjalani karantina mandiri dibawah pengawasan langsung Puskesmas terdekat.

‚ÄúPada hari Jumat tanggal 18 April 2020, kami menerima hasil pemeriksaan specimen terhadap Z dari RSU Kudus Kabupaten Demak. Dan hasil pemeriksaan mengkonfirmasi yang bersangkutan positif covid-19,” kata Deky.

Kartu data warga Demak saat tiba di Tobelo, 13 April 2020

Dengan adanya hasil pemeriksaan itu, Tim Satgas Covid-19 Halut, langsung menjemput Z di kediamannya di Desa Rawajaya. Sayangnya, pria 48 tahun itu sudah lebih dulu kabur ke Ternate melalui transportasi darat. Petugas hanya mengamankan keluarga yang bersangkutan sebanyak 15 orang, dan sudah menjalani karantina khusus di Rumah Dinas Bupati.

“Mereka akan dilakukan Rapid Test menjalani karantina selama 14 hari ke depan. Saat ini, Tim Satgas Covid-19 memeriksa seluruh kendaraan yang melewati pintu-pintu keluar transportasi darat di wilayah Tetewang,” ujarnya.

Informasi tambahan yang diperoleh Koridor Malut menyebutkan, Z awalnya tinggal di Tobelo, dan tanggal 25 Maret 2020 Z pulang ke Demak dengan terlebih dulu transit di Jakarta selama tiga hari. Selanjutnya ia melakukan perjalanan menuju Demak pada tanggal 29 Maret 2020.

Selama lima hari berada di rumah, yang bersangkutan mengeluh sakit. Dan tanggal 3 April 2020 lalu, Z menjalani opname di RSU Kudus, Kabupaten Demak. Setelah menjalani perawatan selama empat hari, Z akhirnya diizinkan pulang oleh dokter yang menanganinya, karena kondisi fisiknya semakin membaik.

Pada 12 April 2020, Z kembali balik lagi ke Tobelo. Dan sesuai protokol kesehatan, status Z ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan menjalani karantina mandiri dengan diawasi Puskesmas terdekat. Hingga akhirnya pada Sabtu, 18 April 2020 pukul 09.00 Wib, Dinkes Demak melalui Dokter Titik dari Puskesmas Mijen 1, mengonfirmasi ke Kades Tanggul, bahwa salah satu warganya berinisial Z, tinggal di RT 2 RW 4, positif covid -19. Informasi inipun kemudian dilanjutkan ke Tim Satgas Covid-19 Halut. (rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here