Pemda Halut Salurkan 168 Paket Sembako ke Warga

0
81

TOBELO, Koridor Malut – Pemda Halmahera Utara (Halut) menyalurkan bantuan paket kepada warga empat desa, yakni Desa Popilo, Rawajaya, Gosoma dan Desa Lina Ino. Pembagian paket dilakukan serentak di tiga lokasi pada Sabtu (04/04), dengan jumlah bantuan sebanyak 168 paket.

Bupati Halut, Ir. Frans Manery memimpin langsung penyerahan bantuan di Desa Popilo. Dalam arahannya bupati mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan hasil koordinasi pemda bersama Forkompinda, sebagai upaya melakukan penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19, sesuai dengan aturan dan perundangan-undangan.

“Ini salah satu upaya pemerintah daerah untuk memberikan penguatan pangan kepada masyarakat yang terdampak wabah covid-19. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan paket sembako. Ini bantuan tahap awal yang diperuntukan kepada janda-janda, duda dan masyarakat lanjut usia yang kurang mampu. Anggarannya menggunakan anggaran dari Dana Desa,” kata Bupati.

Untuk desa Popilo sendiri diserahkan sebanyak 10 paket sembako, yang terdiri dari beras 5 kg, gula 3 kg, minyak kelapa 2 kg, teh celup 2 dos, mie instan 1 dos, telur satu rak, dan kopi satu bungkus. Penyerahan ini akan berkelanjutan dengan jumlah total sebanyak 65 paket.

Untuk penyerahan bantuan di dua desa yakni Rawajaya dan Gosoma, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Halut, Muchlis Tapi Tapi. Jumlah paket untuk Desa Rawajaya sebanyak 10 paket dan Desa Gosoma sebanyak 11 paket.

“Bantuan ini diberikan agar warga untuk sementara waktu tidak beraktivitas di luar rumah. Jika memungkinkan, semua pekerjaan sebaiknya dilakukan di rumah saja. Dan jangan lupa jaga kebersihan dan kesehatan serta banyak-banyak berdo’a. Semoga Tuhan melindungi kita semua,” ucap Muchlis di hadapan warga.

Muchlis juga mengingatkan seluruh perangkat desa agar memaksimalkan pemantauan kepada masyarakatnya, terutama mereka yang baru datang dari luar daerah.

Sementara itu, Sekda Fredy Tandua, S.Pt. MSi, menyerahkan 137 paket sembako di Desa Lina Ino. Sesuai penjelasan Kades Lina Ino, Jan E Kalidu, bantuan ini bersumber dari Dana Desa dan bantuan dari toko Sinar Harapan Lina Ino, Tobelo. Dari jumlah 137 paket itu, terdapat 12 paket yang diperuntukkan bagi ODP, dan sebagian besar adalah mahasiswa yang sudah pulang.

‚ÄúPatuhi arahan Pemerintah Pusat dan Daerah. Hidup bersih dan sehat, jaga jarak dan tedo di rumah agar torang bisa memutus rantai penyebaran covid -19,” kata sekda. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here