Diduga Terjangkit Corona, Satu Pasien RSUD Jailolo Dirujuk ke Ternate

0
23

JAILOLO, Koridor Malut – Pihak RSUD Jailolo merujuk salah satu pasiennya ke RSUD Chasan Boesoeirie Ternate, karena diduga terjangkit virus Corona. Hal ini dilakukan karena pihak RSUD Jailolo menemukan tanda-tanda mirip dengan gejala virus Corona kepada pasien tersebut, dan harus dilakukan pemeriksaan laboratorium di RSUD Ternate.

Direktur RSUD Jailolo, dr. Safrullah Radjilun, saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, pasien itu baru kembali dari Jakarta tiga hari lalu. Karena merasa demam, pada Kamis (19/03), yang bersangkutan mendatangi RSUD Jailolo untuk dilakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan itu, pihak RSUD menemukan ada gejala-gejala yang mirip terinfeksi virus corona.

“Sekitar pukul 15.00 WIT, pasien langsung kami rujuk ke RSUD Chasan Boesoerie untuk dilakukan pemeriksaan, guna memastikan pasien positif Covid-19 atau tidak,” kata Syafrullah.

Syafrullah sendiri mengaku belum bisa menyebut identitas pasien tersebut, karena pihak RSUD Ternate belum merilis hasil pemeriksaan. Kendati demikian, Syafrullah berharap, hasil pemeriksaan nanti tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus corona, agar masyarakat di wilayah Halbar dijauhkan dari wabah berbahaya itu.

‚ÄúProsedur penangan virus Corona tetap dijalankan di wilayah Halmanhera Barat. Jika ada Orang Dalam Resiko (ODR) maupun Orang Dalam Pemantauanan (ODP), petugas kesehatan akan melakukan pemantauan selama 14 hari. Jika ada indikasi sudah terpapar, maka segera dilakukan isolasi lebih lanjut ke laboratorium RSUD Chasan Boesoerie Ternate, karena sudah masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP),” jelasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here